SURVIVAL GUIDE

Sabana Doro Ncanga adalah padang rumput yang luas di kaki Gunung Tambora, menghadap laut, dan merupakan habitat asli kuda liar Sumbawa. Pada siang hari, suhu berkisar pada 35 derajat celcius sedangkan pada malam hari bisa turun sampai 20 derajat celcius. Selain kuda liar, binatang yang bisa ditemui antara lain: Kerbau liar, Rusa Timor, Tekukur, Puyuh, Perkutut, Ayam Hutan, dan lain-lain*.

Jangan membawa barang yang tidak penting.

----------------------------------------

Di Doro Ncanga tidak tersedia listrik. Jadi, anda tidak perlu membawa laptop dan barang-barang tidak penting yang biasanya anda bawa dan membutuhkan tenaga listrik misalnya ipod, PSP, dan lain-lain. Resiko barang tersebut hilang atau rusak juga tinggi karena tidak didesain untuk dipergunakan di sabana. Selain itu, barang bawaan anda jadi lebih banyak, yang berarti lebih berat, yang artinya butuh tenaga ekstra. Beberapa gadget yang berguna dan enak dibawa antara lain:


Bawalah air yang banyak dan berhematlah dalam menggunakannya.

-------------------------------------------------------------

Sumber mata air terdekat berjarak 4 kilo meter dari lokasi acara, dan jangan harapkan kendaraan umum. Siapkan pula perbekalan yang cukup. Biskuit dan berbagai cemilan serta rokok yang biasa anda gunakan saat anda di depan komputer hanya bisa anda temui di kios yang berjarak 7 kilo meter dari lokasi acara, dan hanya buka di siang hari.


Pilih operator seluler anda dengan bijak.

-----------------------------------------

Tanpa bermaksud ngiklan, disarankan Telkomsel. Yang lain jangan terlalu diharapkan.


Jangan sembarangan menyalakan api.

----------------------------------

Apalagi tanpa sepengetahuan panitia. Di lokasi acara banyak terdapat rerumputan dan jangan sampai anda mengakibatkan kebakaran yang merusak ekosistem.


Jagalah kesehatan anda.

-----------------------

Kaipang memiliki tenaga medis yang berpengalaman, tapi menjaga lebih baik daripada mengobati.