Indonesia GNU/Linux Conference (ILC) merupakan kegiatan tahunan berskala nasional, sebagai ajang bertemunya insan penggiat, pengguna, pemerhati dan vendor open source, khususnya sistem operasi GNU/Linux (baca: Linux).

ILC yang awal mulanya sebagai ajang diskusi para penggiat dan aktivis GNU/Linux seluruh Indonesia, sekarang tidak hanya sekedar diskusi saja, tetapi sudah menjadi rangkaian kegiatan yang diawali dengan seminar, workshop, training, pameran dan pada akhir rangkaian acara ditutup dengan diskusi.

Diskusi diikuti oleh para penggiat dan aktivis GNU/Linux dari seluruh Indonesia yang diwakili oleh organisasi-organisasi penggiat GNU/Linux seperti Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI), Linux User Grup (LUG), Kelompok Studi Linux (KSL). Kelompok-kelompok ini mewakili kalangan umum, hobiis, mahasiswa dan akademisi.

ILC sendiri dilaksanakan dengan harapan dapat mendorong pemanfaatan GNU/Linux di semua bidang baik di lingkungan rumah tangga, bisnis, pendidikan serta pemerintahan.

Selain menjadi media sosialisasi dan advokasi GNU/Linux, ILC juga menjadi forum untuk membahas masalah-masalah dalam implementasi GNU/Linux dan menemukan serta sharing solusi bersama yang diharapkan bisa diterapkan secara regional maupun nasional.

ILC 2011


Sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2002 di Jakarta, ILC 2011 di NTB nantinya merupakan ILC yang ke... ah, apalah arti sebuah nomor... ILC kali ini diselenggarakan bersama oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) NTB dibantu oleh rekan-rekan sesama aktivis Linux dan Open Source di Mataram.

Tapi itu sekarang tinggal rencana saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung klik menu "Acara" diatas.

Tujuan ILC 2011


Secara ringkas, ILC 2011 diharapkan :

  • Memperluas pengenalan dan penggunaan GNU/Linux di masyarakat
  • Meningkatkan keterampilan berorganisasi peserta
  • Menemukan solusi bersama implementasi GNU/Linux di Indonesia, khususnya NTB
  • Mendorong percepatan migrasi FOSS di NTB